Minggu, 02 Oktober 2011

Hutan Kota DKI Jakarta Akan Bertambah 6 Ha

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2010 akan menambah hutan kota di Jakarta Timur dan Jakarta Utara, masing-masing 3 hektare dengan total anggaran sebesar Rp32 miliar, untuk memperluas hutan kota yang ada sekarang 605 hektare tersebar di lima wilayah kota.



Dinas Kelautan dan Pertanian (DKP) DKI Jakarta saat ini telah menganggarkan pembebasan lahan, pembangunan, dan penanaman pohon untuk dua hutan kota tersebut, masing-masing ada di Kelurahan Munjul Jakarta Timur dan Marunda Jakarta Utara.

Jadi luas keseluruhan keseluruhan hutan kota di DKI Jakarta akan bertambah enam hektare,” kata Kepala Bidang Kehutanan Dinas Kelautan dan Pertanian (DKP) DKI Jakarta Desman Sitorus di Jakarta, Senin (14/12).

Sebenarnya, pembebasan lahan di Kelurahan Munjul akan dilakukan pada tahun 2009 ini, namun karena anggarannya digunakan untuk pembebasan lahan hutan kota Pondok Labu, Jakarta Selatan, maka diputuskan pembebasan lahan di Munjul ditunda hingga tahun 2010.

Lahan di Kelurahan Munjul seluas 3 hektare atau sekitar 28.000 meter persegi adalah milik enam orang, dan semua bidang tanah tersebut sudah memiliki sertifikat tanah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Lahan ini akan dijadikan hutan kota tanaman langka. Jadi bagi warga yang ingin melihat tanaman-tanaman langka di dunia, bisa datang ke hutan kota ini,” katanya.

Sedangkan pembebasan lahan 3 hektare di Marunda masih menunggu persetujuan APBD DKI 2010 oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Ia berharap pembebasan dua lahan itu bisa diselesaikan secepatnya sehingga penanaman pohon-pohon bisa dirampungkan pada akhir tahun 2010.

Hutan kota yang berada di bawah koordinasi DKP DKI Jakarta saat ini ada 14 hutan kota dengan total luas 605 hektare yang keberadaannya tersebar di lima wilayah DKI Jakarta.

Diantaranya Hutan Kota Halim Perdanakusuma, Cibubur, Pondok Kelapa dan Cijantung (Jakarta Timur), hutan kota Srengseng di Jakarta Barat, hutan Universitas Indonesia di Jakarta Selatan, dan Danau Sunter di Jakarta Utara.

Selama tahun 2009, penanaman pohon di 14 hutan kota lebih banyak dibantu pihak swasta melalui program one man one tree. Hal itu dilakukan karena anggaran penanaman pohon dalam APBD 2009 minim yaitu hanya Rp 100 juta. Anggaran ini termasuk untuk penanaman pohon di sepanjang pinggir tanggul Kanal Banjir Timur (KBT).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar